Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Dinosaurus di Asia Tenggara: Siamraptor suwati, Predator Purba dari Negeri Thailand

Menemukan jejak kehidupan dinosaurus di wilayah Asia Tenggara merupakan hal yang sangat langka terjadi. Namun pada tahun 2019 sekelompok peneliti dikabarkan menemukan dan berhasil mendeskripsikan suatu dinosaurus baru dari Thailand. Reptil purba ini ternyata memberi banyak kejutan di kalangan ahli binatang dan kehidupan purba.

Pecahan fosil makhluk purba yang ditemukan di Thailand tersebut merupakan suatu genus dan spesies baru dari kelompok dinosaurus predator, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 9 Oktober 2019 melalui jurnal PLOS ONE oleh Duangsuda Chokchaloemwong dari Universitas Nakhon Ratchasima Rajabhat bersama dengan rekan-rekannya.

Selama Zaman Jurasik hingga Zaman Kapur, Carcharodontosaurus adalah kelompok dinosaurus berukuran besar yang populasinya tersebar luas dan berhasil bertahan hidup dengan baik, kelompok ini juga merupakan anggota eksosistem lingkungan yang penting di beberapa benua. Namun berdasarkan catatan, jejak fosil makhluk ini jarang ditemukan berasal dari awal zaman Kapur di Asia, terlebih lagi di Asia Tenggara, tidak pernah ditemukan sisa Carcharodontosaurus.

Dalam penelitian ini, Chokchaloemwong dan rekan-rekannya mendeskripsikan fosil dari formasi geologi Khok Kruat yang berumur Kapur Awal di Khorat, Thailand. Fosil-fosil yang dideskripsikan terdiri dari sisa-sisa tengkorak, tulang belakang, lengan dan pinggul yang berasal dari paling tidak empat individu yang berbeda. Deskripsi ini juga dilakukan melalui perbandingan morfologi (bentuk tubuh) dengan spesies dinosaurus yang sudah dikenal. Dari hasil identifikasi, para peneliti berpendapat bahwa sisa-sisa fosil ini merupakan suatu genus dan spesies dari kelompok Carcharodontosaurus yang belum pernah diketahui. Mereka memberinya nama Siamraptor suwati

Ilustrasi Siamraptor suwati oleh ahli paleontologi. Dinosaurus predator dari Zaman Kapur ini merupakan anggota kelompok Carcharodontosaurus yang hidup di wilayah Asia
Ilustrasi Siamraptor suwati oleh ahli paleontologi. Dinosaurus predator dari Zaman Kapur ini merupakan anggota kelompok Carcharodontosaurus yang hidup di wilayah Asia (wikipedia.org)

Analisis filogenetik mengindikasikan bawa Siamraptor merupakan anggota ‘basal’ dari kelompok Carcharodontosaurus, yang berarti makhluk ini adalah cabang evolusi paling awal dari anggota kelompok lainnya. Predator ini juga sekaligus secara definitif menjadi Carcharodontosaurus pertama yang diketahui berasal dari Asia Tenggara. Tidak hanya itu, berdasarkan pada temuan fosil yang berumur relatif sama dari Eropa dan Afrika, diketahui bahwa hewan ini telah menyebar ke tiga benua di awal zaman Kapur. 

Rekonstuksi bentuk tubuh Siamraptor suwati berdasarkan pecahan fosil yang ditemukan. Oleh para ahli, rekonstruksi ini juga dikembangkan berdasarkan perbandingan dengan dinosaurus yang masih berkerabat dengan raptor purba ini
Rekonstuksi bentuk tubuh Siamraptor suwati berdasarkan pecahan fosil yang ditemukan. Oleh para ahli, rekonstruksi ini juga dikembangkan berdasarkan perbandingan dengan dinosaurus yang masih berkerabat dengan raptor purba ini (syfy.com)

Para ahli yang berperan dalam penemuan ini menyimpulkan penelitian mereka sebagai berikut, “seekor predator Siam: (Thailand) Dinosaurus karnivora yang baru, Siamraptor suwati, yang ditemukan di Thailand.”

 

Diterjemahkan dari artikel berjudul Meet Siamraptor Suwati, A New Species of Giant Predatory Dinosaur from Thailand dalam geologypage.com

Post a Comment

0 Comments